• Latest News

    Architecture:The Rejang House at 1881

    I hope this article can make sure you how the rejangese home look like. The article taken from an old book with tittle "Midden Sumatra III" published in the year 1881. Let`s learn together :)
    Rumah lama topos Rumah Rejang dari buku Midden Sumatra III (Repro by admin)
    [rejang+etnique+house.jpg] denah rumah tapus besar
    Figure 1 : Bangunan rumah sangat bagus di temukan di desa Topos, Kabupaten Lebong. Di buat dari papan kayu Surian, dengan tiang tiang kokoh dari kayu Balam. Atapnya (h p s d) di buat dari bambu yang disusun ganda (posisi longitudinal) yang di ayam (disusun) sedemikian rupa. L adalah jendelah bagian dari rumah ini. Figure 2 : Lantai datar atau rata, di sanggah oleh tiang tiang. a b c d adalah proyeksi dari atap rumah. e f g h adalah lantai rumah yang terbuat dari bambu yang terpisah (dibelah), pada beberapa bagian malah terbuat dari kayu gelondongan ukuran setengah kaki dengan kualitas yang sangat baik. g h i j, lantai yang lebar dan ketebalan kurang dari ketebalan lantai i j f e seperti yang terlihat di gambar. k l m n g o, adalah salah satu koridor dari bambu (beranda kecil), T adalah jalan akses menuju rumah berupa tangga. m n h p adalah gagian yang di buat untuk lemari yang di buat dari bambu, p q r s adalah lemari dari bambu tanpa pintu (rak). m n u t adalah bagian yang terpisah yang pada bagian dasarnya terpuat dari batang kayu, pada bagian atasnya dari bambu sehingga rumah terdiri dari dua kamar (ruangan) besar, w u v juga demikian yang menjadi dua kamar terpisah. Figure 3 : Denah lantai sebuah rumah di soekoe kayo - Lebong. rumah terbuat dari papan dimana B dibuat menggnakan bambu yg di buat dari luar dengan sisi dalamnya terbuka menghadap ke dalam rumah. K merupakan kandang ayam dimana untuk membuka kandang tersebut melallui ruang G. a b terbuat dari bambu yg mana menjadi pembatas antar ruangan sehingga rumah terbagi menjadi 2 bagian. L jendela S tungku perapian.
    Rumah Rejang di muara aman 1941Rumah Rejang di muara aman 1941 by KITLV (detailnya lihat di sini Link)
    rumah topos tropen
    Sketsa Rumah Rejang dari buku Midden-Sumatra III (Trophen Museum netherland arsip)
    rumah adat rejang Rumah adat di samping rumah dinas salah satu bupati, rumah rejang kah? (Bagaimana menurut rekan rekan, rumah adat rejang apa bukan?)
    Source : KITLV Trophen Museum Netherland Midden Sumatra III (Book) 1881 Ethnographische Atlas, van Midden-Sumatra met Verklarended Tekst by A. L Van Hasselt 1881
    Credit : Translate and edit by Tunjang and Leicneicagra
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    1 comments:

    Item Reviewed: Architecture:The Rejang House at 1881 Rating: 5 Reviewed By: CURUPKAMI
    Scroll to Top