Situs Megalitikum Batu Dewa yang sangat memprihatinkan


batu datar dengan lubang-lubang di permukaannya

Inilah keadaan salah satu situs megalitikum yang ada di Kabupaten Rejang Lebong,situs ini bernama Situs Batu Dewa,namun sayangnya situs megalitikum yang berada di pinggiran sungai duku ini tidak terawat dengan baik.pondok pelindung situs ini sudah tidak beratap lagi dan sudah di tumbuhi dengan semak belukar.begitu pula dengan keadaan kedua batu tersebut terlihat kotor bercampur dengan tanah sehingga tidak kelihatan karakteristik dan detailnya dari batu-batu yang memiliki lobang-lobang tersebut.
lubang-lubang yang ada dipermukaan batu

Situs Batu Dewa
terdiri berupa batu datar yang berjumlah dua buah/keping dengan ukuran kurang lebih 50x40 cm perkepingnya.batu ini tersusun berjejer dengan terdapat celah pembatas yang berukuran 10 cm dimana dulunya di celah ini mengalir air dari sungai duku. batu datar ini memiliki lubang-lubang sebanyak 6-7 buah perkepingnya sepintas baru ini mirip dengan permainan congkak. dengan lobang-lobang yang beragam ukuran dan kedalamannya.

permukaan batu dengan lubang-lubang mirip permainan congkak

menurut cerita-cerita masyarakat desa batu dewa,lokasi ini merupakan tempat mandi para bidadari dari bukit kaba, dan di batu ini pula di gunakan para bidadari menumbuk reramuan untuk berlimau.

kondisi situs budaya batu dewa

cerita kedatangan para bidadari yang pergi mandi di lokasi ini berkaitan dengan kisah muning raib.sebuah legenda yang sangat terkenal bagi masyarakat rejang.

batu besar yang di percaya tempat berjemur para bidadari yang ada di desa batu dewa

Dalam cerita muning raib dan para bidadari tersebut selain batu berlobang-lobang tersebut ada beberapa lagi batu besar yang di gunakan para bidadari untuk berjemur.batu-batu tersebut semuanya berada di desa batu dewa,kecamatan curup utara,kabupaten rejang lebong.

3 komentar:

  1. semoga bupati dengan jajarannya dapat lebih memperhatikan dan melestarikan peninggalan bernilai sejarah.

    ReplyDelete
  2. bupati nya gak ada perhatian sama situs ini...ntr saya kasih foto2 yg lain yg berhubungan dengan mata air disana dan batu ini....

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...