Situs Batu Anggun, Desa Seguring, Curup Utara


Menhir Situs Batu Anggun
Batu Anggun terletak pada lereng perbukitan/tebing Sungai Musi di Desa Seguring, Kecamatan Curup Utara. Di atas lokasi batu ini merupakan dataran tinggi yang ditanami kopi oleh penduduk setempat. Sementara di dataran rendah yang terletak di sebelah kanan (timur) Sungai Musi ditanami padi. Kemiringan lereng 90o dengan ketinggian 768 di atas permukaan air laut. Letak koordinat Batu Anggung adalah 0227994 Lintang Selatan dan 9645121 Bujur Timur.
Batu Anggung adalah monolit yang menurut informasi Kader merupakan tempat Ratu Majapahit dan rombongannya meletakkan perahu yang digunakan untuk mengarungi Sungai Musi dalam usahanya mencari tanah ‘bertuah’ (pade). Rombongan dari Majapahit ini dalam pengembaraannya tersebut membawa berbagai hewan peliharaan (anjing, kucing, ayam) dan alat-alat musik, termasuk kerilo. Di atas perbukitan terdapat batu pipih berbentuk segiempat tidak beraturan (menhir) yang berada di antara kebun kopi. Pada keempat sisi batu mengalami pemangkasan dan penghalusan. Batu ini ditancapkan ke dalam tanah sehingga bentuknya menyerupai menhir. Saat ini batu ini diperkuat dengan semen dan tumpukan batu dan diberi cungkup.
Credit photo : Balai Arkeologi Palembang 2009 http://rejang-lebong.blogspot.com/2009/04/situs-batu-anggun-desa-seguring-curup.html

0 komentar:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...