Architecture:The Rejang House at 1881

I hope this article can make sure you how the rejangese home look like. The article taken from old book with tittle "Midden sumatra III" published at year 1881. Let`s learn together :)
[rumah+topos+tropen+edit.jpg] Rumah Rejang dari buku Midden Sumatra III (Repro by admin)
[rejang+etnique+house.jpg] [denah+rumah+tapus+besar.jpg]
Figure 1 : Bangunan rumah sangat bagus di temukan di desa Topos, Kabupaten Lebong. Di buat dari papan kayu Surian, dengan tiang tiang kokoh dari kayu Balam. Atapnya (h p s d) di buat dari bambu yang disusun ganda (posisi longitudinal) yang di ayam (disusun) sedemikian rupa. L adalah jendelah bagian dari rumah ini. Figure 2 : Lantai datar atau rata, di sanggah oleh tiang tiang. a b c d adalah proyeksi dari atap rumah. e f g h adalah lantai rumah yang terbuat dari bambu yang terpisah (dibelah), pada beberapa bagian malah terbuat dari kayu gelondongan ukuran setengah kaki dengan kualitas yang sangat baik. g h i j, lantai yang lebar dan ketebalan kurang dari ketebalan lantai i j f e seperti yang terlihat di gambar. k l m n g o, adalah salah satu koridor dari bambu (beranda kecil), T adalah jalan akses menuju rumah berupa tangga. m n h p adalah gagian yang di buat untuk lemari yang di buat dari bambu, p q r s adalah lemari dari bambu tanpa pintu (rak). m n u t adalah bagian yang terpisah yang pada bagian dasarnya terpuat dari batang kayu, pada bagian atasnya dari bambu sehingga rumah terdiri dari dua kamar (ruangan) besar, w u v juga demikian yang menjadi dua kamar terpisah. Figure 3 : Denah lantai sebuah rumah di soekoe kayo - Lebong. rumah terbuat dari papan dimana B dibuat menggnakan bambu yg di buat dari luar dengan sisi dalamnya terbuka menghadap ke dalam rumah. K merupakan kandang ayam dimana untuk membuka kandang tersebut melallui ruang G. a b terbuat dari bambu yg mana menjadi pembatas antar ruangan sehingga rumah terbagi menjadi 2 bagian. L jendela S tungku perapian.
Rumah Rejang di muara aman 1941 by KITLV (detailnya lihat di sini Link)
[rumah+topos+tropen.jpg]
Sketsa Rumah Rejang dari buku Midden-Sumatra III (Trophen Museum netherland arsip)
Rumah adat di samping rumah dinas salah satu bupati, rumah rejang kah? (Bagaimana menurut rekan rekan, rumah adat rejang apa bukan?)
Source : KITLV Trophen Museum Netherland Midden Sumatra III (Book) 1881 Ethnographische Atlas, van Midden-Sumatra met Verklarended Tekst by A. L Van Hasselt 1881
Credit : Translate and edit by Tunjang and Leicneicagra

1 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...