Rumah Lama di Desa Tanjung Bingin

Desa Tanjung Bingin ( Tanjung Beringin ) berada di wilayah kecamatan Curup Utara di daerah ini juga bisa dibilang sebagai dusun tua, karena disini masih banyak terdapat rumah-rumah lama. salah satunya rumah lama ini yang di desa tanjung bingin.
rumah ini terbilang unik walau sudah di cat ulang namun ke khasan dari rumah rumah suku rejang masih terlihat dan terawat dengan baik,walau sebagian sudah rusak di makan usia.
rumah ini berbentuk rumah panggung dengan tangga berada di samping kiri rumah,dan bawah rumah masih berupa tanah yang digunakan sebagai tempat kandang ternak atau tempat meniyimpan kayu bakar.
pada bagian depan rumah terdapat beberapa ornamen yang masih terlihat jelas,namun pada bagian ornamen yang tercetak di bagian seng sudah rusak dan berkarat.
pada bagian dalam beranda khususnya pada bagian dinding atas jendela dan pintu terdapat tiga buah ornamen yang menempel dengan ukuran dan jenis yang sama.
sedangkan pada bagian jendela di sebelah bawahnya terdapat pahatan/ukiran berbentuk ketupat.
begitu juga dengan bagian pintu terdapat ukiran / pahatan dengan motif yang sama
sedangkan ada bagian dinding beranda,papan hanya di susun vertikal/tegak tanpa adaya motif pahatan/ukiran.
sedangkan pada bagian tiang beranda hanya berupa kayu persegi/balok dengan lekukan pahatan pada bagian bawahnya,beda dengan rumah-rumah rejang yang lain, biasanya tiang beranda bukan berbentuk persegi tapi berbentuk bulat dengan ada ulir yang melingkar dari ujung atas hingga ujung bawah.
Bunga Kol Lilin
Bunga Kol
Bunga Kol
Bunga Kol
Bunga Kol Cocor Bebek
dan yang menjadi ciri khas dari rumah-rumah lama tadi selain dari jenis dan bentuk motif ukiran dan pahatan Rumah lama suku rejang yaitu adanya tanaman-tanaman hias baik itu digantung atau diletakkan diatas beranda yang orang rejang menyebutnya dengan nama bunga KOL ( Bunga Kol, Bunga Kol Lilin, dan Bunga Kol Cocor Bebek )

0 komentar:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...