Ragam Hias Pada Rumah Lama Suku Rejang

Rumah lama suku rejang bisa terbilang unik,karena hampir setiap rumah lamanya memiliki ciri khas tersendiri,baik itu berupa ornamen-ornamen ukiran atau pahatan, yang dipasang pada hampir setiap sudut rumah.
ornamen-ornamen atau ukiran berbentuk bulat biasanya menghiasi pada dinding atas beranda tepatnya di atas jendela dan pintu,dan juga tepat dibawah atap depan.
begitu juga dengan tiang-tiang penyanggah pada beranda,model dan bentuknya beragam dari yang biasa tanpa ukiran sampai yang penuh dengan ukiran dan pahatan. dan begitu pula dengan bentuk kayunya ada yang berbentuk balok utuh ( persegi ) dan ada yang bulat .
sedangkan ukiran-ukiran yang menghiasi rumah-rumah rejang banyak ragamnya,namun yang paling banyak di gunakan adalah model daun sedingin.ukiran-ukiran ini terdapat pada sambungan pada tiang beranda,tepat di bawah cucuran atap ( terbuat dari seng / plat tipis ) dan ini biasanya dipasang hampir sekeliling pada bigian cucuran atap depan.
juga pada bagian dinding beranda, juga dibuat dengan bermacam model dan bentuk,namun biasanya hanya berupa papan yang di susun secara vertikal,namun ada juga yang di buat unik dnegan cara menyusun papan tersebut secara zigzag,miring kiri atau kanan, dan ada juga yang di ukir/di pahat.
Foto: Rumah-rumah lama di Ds. Tanjung Dalam dan Turan Baru.

0 komentar:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...