SEJARAH SINGKAT HAJI ABDUL HAMID BIN ALIADIN GELAR PANGERAN RADJA DJAJA SEMPOERNA

SEJARAH SINGKAT HAJI ABDUL HAMID BIN ALIADIN

GELAR PANGERAN RADJA DJAJA SEMPOERNA

(PANGERAN PANDJANG)

(DER MARGA SELOEPOE REDJANG)

Beliau adalah putra daerah asli kesambe baroe marga seloepoe redjang yang Lahir pada tahun 1866 anak mertua dari ALIADIN bin NAZAROEDIN dengan seorang Perempuan dari MARGA MERIGI PULOGETO yang bernama MESIPA binti MERAUSMAN. Ia mempunyai 5 saudara yaitu ROPE’A ALIADIN,DJANIB ALIADIN,M AMIN ALIADIN, HJ. SIMA ALIADIN, HI. ABDUL GAFAR ALIADIN.Semasa hidunya ia mempunyai 4 orang istri yaitu HJ.SAIDAH, HJ.HASANA, HADIJAH, HJ.HALIMAH. dari saudara-saudara kandung dan istri-istrinya sudah mempunyai anak ,istri cicit dan cucut yang tak terhitung jumlahnya dan meninggal di rumah istri ke-4 (empat) pada tahun 1964 dalam usia 98 tahun di kepala siring curup dan dimakamkan di pemakaman umum KESAMBE BAROE, adapun riwayat singkat menjadi pangeran sebagai berikut :

Ø Pada tahun 1921 oleh ONDERAFDEELING REDJANG yang berkedudukan di KEPAJANG yang di tulis dalam bahasa belanda beliau di angkat menjadi pembarab Dosoeonen Kesambe pada tanggal 20 Oktober 1921.

Ø Pada tahun1928 oleh DE RESIDENT VAN BENGKOELEN yang di tulis dalam bahasa belanda beliau diangkat tepatnya pada tanggal 14 april 1928 menjadi pembarap VAN MARGA SELOEPOE REDJANG (ONDERAFDEELING REDJANG)

Ø Pada tanggal 7 agustus 1934 DERESIDENT VAN BENGKOELEN menggankat ABDUL HAMID bin ALIDIN menjadi pasirah DER MARGA SELOEPOE REDJANG

Ø Pada tahun 1935 DE RESIDENT VAN BENGKOELEN yang berkedudukan di bengkoelen memberi gelar “PANGERAN” kepada ABDUL HAMID bin ALIADIN yang mempunyai wilayah seoloepoe redjang

Ø Dalam menjalankan tugas yang di bebankan oleh DE RESIDENT VAN BENGKOELEN dia dianggap cakap dan mempunyai persyaratan untuk menjadi seorang pangeran maka dikeluarkan surat oleh DE RESIDENT VAN BENGKOELEN pada tanggal 18 november 1935 gelar ABDUL HAMID bin ALIADI dengan gelar RADJA DJAJA SEMPOERNA PANGERAN PANDJANG.

Ø HOOFDINSPEECTEUR VAN POLITIE TJEOROEP pada tanggal 19 februari 1936 yang ditandatangani oleh JJ HARLINGEN, yang ditulis ABDUL HAMID bin ALIADIN gelar PANGERAN RADJA DJAJA SEOMPOERNA DE MARGA SELOPOE REDJANG bahwa beliau sangat banyak melaksanakan tugas-tugas yang dibebankan kepadanya dan dilaksanakan dengan sungguh-sungguh.

source : rejang-lebong.blogspot.com

2 komentar:

  1. terimakasih informasinya :) pangeran panjang atau Haji abdul hamid ini adalah buyut saya. Ayahanda dari nenek kandung saya :)

    ReplyDelete
  2. Ternyata ini buyut saya, saya baru sadar kalau marga saya selupu rejang makasih postinganya

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...