• Latest News

    Penangkaran Kacang Tanah PRIMATANI Rejang Lebong

    Kabupaten Rejang Lebong dikenal sebagai penghasil kacang tanah di Provinsi Bengkulu. Setiap pengunjung yang datang ke Kabupaten Rejang Lebong, pulangnya hampir selalu membeli oleh-oleh kacang tanah yang dikenal dengan sebutan "Kacang Curup", meskipun kenyataannya tidak semua "Kacang Curup" yang dijual menggunakan bahan baku dari Kabupaten Rejang Lebong. Kenyataan ini menjadikan perdagangan kacang tanah di Kabupaten Rejang Lebong cukup lancar. Tak heran jika "Kacang Curup" sudah menjadi ikon Kabupaten Rejang Lebong. Berdasarkan hasil wawancara dengan pedagang oleh-oleh yang ada di Curup, pada saat-saat kekurangan bahan baku, pedagang mencari kacang tanah dari kabupaten lain seperti Kabupaten Bengkulu Utara atau Bengkulu Selatan.
    Mengingat perdagangan kacang tanah di Kabupaten Rejang Lebong cukup lancar, usahatani kacang tanah menjadi peluang bisnis yang menggiurkan bagi petani. Namun demikian peluang tersebut tidak dapat ditangkap dengan baik di Kabupaten Rejang Lebong. Tidak terpenuhinya permintaan kacang tanah oleh petani Kabupaten Rejang Lebong karena produktifitas yang rendah yang dihasilkan oleh petani. Hasil diskusi dengan petugas lapang maupun petani setempat diketahui bahwa petani sudah biasa menanam kacang tanah, namun produksi yang dicapai relatif rendah yang diduga karena penggunaan bibit dari varietas lokal yang telah ditanam berulang-ulang. Menurut kepala BPTP Bengkulu Dr. Tri Sudaryono, varietas tanaman kacang tanah yang ditanam terus menerus akan mengalami penurunan daya hasil karena proses heterosis. Untuk itu perlu dilakukan pergantian varietas baru yang memiliki daya hasil tinggi.Image Menangkap peluang pasar kacang tanah yang cukup baik khususnya di Kabupaten Rejang Lebong, Gapoktan "Prima Usaha" Prima Tani Desa Air Bening Kecamatan Bermani Ulu Raya Kabupaten Rejang Lebong dengan bimbingan BPTP Bengkulu dan Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong melakukan penangkaran bibit kacang tanah guna mendapatkan bibit kacang tanah yang pertumbuhan dan produksinya cukup baik. Produksi kacang tanah hasil penangkaran yang dipanen pada tanggal 4 Februari 2008 dibandingkan dengan produksi kacang tanah berdasarkan deskripsinya seperti terlihat pada tabel.
    Kacang tanah yang ditanam di lokasi Prima Tani Desa Air Bening Kabupaten Rejang Lebong berumur lebih panjang ± 10 hari bila Kepala BPTP Bengkulu (Dr. Ir.Tri Sudaryono, MS) dan Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kab. Rejang Lebong (Ir. RosihanYT, M.Si) saat panen kacang tanah dibandingkan dengan deskripsinya. Umur yang lebih panjang ini karena lokasi penanaman terletak di dataran tinggi (1.000 — 1.100 m dpl) dengan iklim yang relatif dingin, sementara tanaman kacang tanah dapat dipanen lebih cepat bila ditanam di dataran rendah. Dampak yang diperoleh dari penangkaran kacang tanah yang telah dilakukan di desa Air Bening Kecamatan Bermani Ulu Raya bagi Prima Tani adalah meningkatnya jumlah petani yang menangkarkan kacang tanah dari seorang petani dengan luas lahan 0,3 ha menjadi 4 prang petani dengan luas lahan 1,0 ha. Bagi pemangku kepentingan di daerah seperti Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Rejang Lebong, dampak yang diperoleh berupa terbantunya pembinaan petani terutama petani kacang tanah dan rasa kebanggaan dengan keberhasilan tersebut yang ditunjukkan dengan dikoleksinya sampel masing-masing varietas kacang tanah yang ditangkarkan 0,25 kg. Koleksi ini digunakan sebagai bahan pameran bagi Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Rejang Lebong. Dengan adanya penangkaran benih kacang tanah ini, efek ke Penyerahan benih kacang tanah hasil penangkaran oleh Kepala BPTP Bengkulu ke ketua Gapoktan. depan yang akan diharapkan terjadi yaitu, tersedianya benih kacang tanah yang dapat dijadikan sumber produksi kacang tanah bagi kota Curup yang dikenal dengan ikon kacang curupnya. Sebagai sumber teknologi, BPTP Bengkulu akan semakin dihargai keberadaannya. Sebagai contoh penghargaan kepada BPTP Bengkulu adalah diberikannya kesempatan Kepala BPTP Bengkulu untuk menyerahkan kacang tanah hasil penangkaran kepada ketua gapoktan Prima Usaha pada saat acara Bedah Kampung yang diadakan di desa tetanggga lokasi Prima Tani yaitu desa Babakan Baru Kecamatan Bermani Ulu Raya pada bulan Maret 2008. Acara bedah kampung itu sendiri diresmikan pelaksanaannya oleh Bupati Kabupaten Rejang Lebong Suherman, MM. Source: http://primatani.litbang.deptan.go.id/index.php?option=com_content&task=view&id=229&Itemid=66
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Penangkaran Kacang Tanah PRIMATANI Rejang Lebong Rating: 5 Reviewed By: CURUPKAMI
    Scroll to Top